Powered By Blogger

Sabtu, 27 April 2013

Kemandirian Tur Ala Tolbandtol


Band new wave – disco asal Bali, Tolbandtol, baru saja menyelesaikan tur keliling Jawa yang diberi tajuk “Disco To Java Tour 2012”. Pada Selasa (24/4)  mereka baru saja tiba di kampung halaman mereka di Denpasar, Bali.
Selama hampir satu bulan, Tolbandtol telah mengunjungi 14 Kota di seluruh Pulau Jawa. Diantaranya Surabaya, Malang, Kediri, Kudus, Semarang, Jogja, dan Jakarta. Dan pada tanggal 16 April lalu, Tolbandtol sempat berkunjung ke Kantor Gigsplay di Bandung.  Dalam kesempatan yang singkat tersebut, Giri, vokalis dari Tolbandtol mengatakan bahwa “Disco To Java Tour” ini dalam rangka memperkenalkan musik Tolbandtol.
“Tujuan utama tur kita kali ini itu sebenernya ingin lebih mengenalkan siapa itu Tolbandtol kepada teman-teman di Pulau Jawa, bahwa di Bali itu ada band seperti ini. Yang penting sih orang tahu dulu siapa itu Tolbandtol? Oh itu loh band yang dari Bali itu, segitu aja dulu,” ujar Giri.
Memang selama ini yang banyak masyarakat ketahui, band-band Bali didominasi oleh band punk, rockabilly dan metal seperti  SID, Suicidal Sinatra, The Hydrant maupun Parau. Aliran musik yang dipilih Tolbandtol menjadi warna tersendiri di Bali. Perbedaan tersebut merupakan kekuatan bagi mereka karena Tolbandtol tidak memiliki banyak saingan di jalur ini.
Tur “Disco To Java Tour” ini merupakan tur yang digelar secara mandiri oleh Tolbandtol, meskipun mereka tidak benar-benar sendiri karena dibantu beberapa label clothing dan bekerja sama juga dengan Mave Magazine sebagai media partner, sebuah majalah yang membahas kultur anak muda di Bali.
“Tur ini murni dari kita sendiri hasil dari selama beberapa tahun kita manggung, dibantu oleh beberapa teman dari label clothing.” lanjut Giri. Bahkan dibeberapa kota, Tolbandtol ada yang tidak kenal sama sekali dengan orang-orang dikota tersebut. Justru dari situ menurut Giri, mereka banyak mendapatkan teman-teman baru. Mereka juga banyak mendapat bantuan Tanggapan masyarakat pun cukup positif, “Banyak yang menyambut positif musik Tolbandtol di kota-kota seperti Kediri dan kudus, mereka menganggap musik Tolbandtol adalah sebuah genre yang baru yang belum pernah ada di kota mereka.”
Tolbandtol yang beranggotakan Giri (vokal),  Alfan (keyboard), Yunan (gitar), Momow (gitars),  Nayat (bass), dan Agung (Drums) ini telah menghasilkan dua album. Album pertama berjudul Mari Bergoyang dan Bergelinjang (2010) dan album kedua We All Dancers, dirilis tahun 2011 lalu oleh label mereka sendiri, Tolbandtol Records.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons